logo blog
Advertise 728x90

Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Saat Olahraga

Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Saat Olahraga

Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Saat Olahraga

Ketika akan berolahraga banyak orang yang melakukanya secara langsung tanpa ada persiapan berarti, namun itu sedikit akan membahayakan karena bisa terjadi kesalahan fatal bagi  orang yang melakukan olahraga secara langsung.

Sebaiknya sebelum anda berolahraga anda harus melakukan gerakan-gerakan ringan tapi sangat bermanfaat atau bisa kita sering menyebutnya dengan pemanasan sebelum berolahraga.

Setelah olahraga kebanyakan orang langsung beristirahat begitu saja karena capek manun hal itu tidak baik bagi kesehatan tubuh karena setelah adanya pemanasan sebelum olahraga harus dilakukan juga pendinginan setelah olahraga itu dilakukan. Jelas ada manfaat tertentu dari pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelah olahraga.

Nah setelah berbicara banyak tentang pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelah olahraga, Di artikel kali ini kami akan membahas manfaat dari kedua kegiatan tersebut yang sangat bermanfaat.

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga:

01. Menghindari penyakit jantung, bagi anda yang memiliki penyakit jantung sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga karena dikhawatirkan kondisi jantung anda akan melemah karena kaget atau belum siap terhadap aktifitas yang anda lakukan.

02. Menghindari keseleo, pemanasan juga sangat bermanfaat untuk menghindari keseleo karena biasanya kalo tidak melakukan pemanasan sendi otot anda masih akku sehingga mengakibatkan salah posisi tulang atau sering disebut keseleo atau terkilir.

03. Meningkatkan stamina, ketika anda langsung berolahraga, stamina anda akan berbeda dengan orang yang melakukan pemanasan karena dari segi mental dan tenaga juga bertambah.

04. Melentukan sendi, jelas gak semua orang sering melakukan olahraga dan kebanyak sendi otot mereka yang jarang berolahraga mengalami kaku karena jarang digerakan, jadi manfaat dari pemanasan juga melatih kelentukan otot-otot sendi anda agar tidak kaku lagi dan lebih siap berolahraga.

05. Detak jantung juga akan sedikit lebih normal dan tidak mudah capek jika kita melakukan pemanasan sebelum olahraga.

Nah, setelah kita berbicara tentang adanya pemanasan sebelum olahraga maka selanjutnya dibawah ini saya akan memberikan sedikit info tentang manfaat melakukan pendinginan setelah berolahraga:

01. Setelah kita menggerakkan badan mungkin detak jantung anda berdetak secara tidak normal atau sangat cepat. Maka dari itu perlu dilakukannya pendinginan agar menormalkan kembali detak jantung anda.

02. Menghilangkan rasa pusing setelah melakukan banyak kegiatan olahraga.

03. Membuang sisa kotoran seperti asam lakmat atau lemak.

04. Ketika anda selesai melakukan olahraga tentu saja kondisi badan anda akan terasa lelah maka dari itulah lakukan pendinginan agar mengembalikan sedikit tenaga yang hilang setelah melakukan olahraga.

05. Manfaat dari pendinginan yang paling penting adalah membuat sendi otot anda menjadi tenang dan rileks agar terhindar dari nyeri otot atau kram pada bagian tertentu.

Share this:

Enter your email address to get update from Detlilleg RaaHuset.
Previous
This Is The Oldest Page

3 comments

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, beri opini Anda seputar berita di atas dan berkomentar sesuai topik, terima kasih.

Copyright © 2015. Detlilleg RaaHuset - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger